Gout – Penyebab, Gejala, Diagnosis dan Cara Mengobatinya

Cara mengobati GoutGout merupakan bentuk dari artritis yang bisa mengakibatkan terjadinya rasa sakit secara tiba – tiba dan kemerahan, parah, sembap, penghangatan serta pembengkakan pada persendian. Penyakit ini adalah jenis dari pembengkakan artritis pada pria yang telah berusia diatas 40 tahun. Wanita umumnya terlindung dari gout sampai usia menopause.

cara mengobati Gout
cara mengobati Gout

Penyebab Gout
Gout atau lebih dikenal dengan nama asam urat merupakan akibat dari menumpuknya kristal asam urat seperti jarum didalam ruang sendi. Asam urat sendiri adalah unsur yang dihasilkan dari penguraian purin didalam tubuh, umumnya dapat larut dalam darah dan disaring didalam ginjal kemudian dibuang dalam urin. Pada penderita gout, tingkat asam urat didalam darah meningkat. Ini yang disebut dengan nama hyperuricaemia atau asam urat tinggi dan dapat disebabkan karena meningkatnya produksi asam urat karena mengonsumsi makanan yang kaya akan purin ataupun karena berkurangnya daya buang asam urat dari ginjal seperti misalnya karena menurunnya fungsi ginjal.

Gejala Gout
Serangan umumnya terjadi secara mendadak dengan rasa sakit maksimum dicapai untuk waktu beberapa jam. Sendi yang terkena akan terasa sangat sakit serta seringkali membengkak, berwarna merah dan terasa hangat. Meningkatnya rasa sakit di sendi dalam waktu singkat ialah ciri yang membedakan antara gout dengan bentuk artritis lainnya.
Sendi yang sangat sering terkena biasanya bagian sendi pertama pada ibu jari jempol kaki. Sendi lain yang mungkin akan terpengaruh ialah sendi kaki, lutut, tangan, siku dan pergelangan. Sendi panggul, bahu dan tulang belakang jarang terkena gout.

Faktor Resiko Gout

  • Trauma sendi
  • Genetik
  • Kegemukan atau obesitas
  • Hyperuricaemia atau asam urat tinggi
  • Pembedahan atau penyakit mendadak yang parah
  • konsumsi alkohol berlebihan
  • Makanan berkadar purin tinggi
  • Memulai pengobatan penurunan asam urat
  • Diet ketat
  • Pemakaian obat tertentu seperti salisilat, diuretik, niasin, siklosporin, levodopa

Cara mengobati Gout
Perawatan gout tergantung pada tahapan dari penyakitnya. Untuk serangan akut, langkah yang paling penting ialah dengan menghilangkan rasa sakit dan mengurangi masa peradangan. Tujuan dari perawatan gout sendiri ialah mencegah berulangnya serangan gout dengan tujuan akhir adalah mencegah kerusakan pada sendi. Obat anti-peradanngan non-steroid (NSAIDs) seperti asam Mefenamic, Naproxen, Recolfar, Diclofenac, atau Indometasin biasanya digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang terjadi selama gout akut. NSAIDs umumnya mulai berfungsi dalam waktu 24 jam dan mungkin mengakibatkan efek samping seperti ruam pada kulit, rasa tidak enak di perut, masalah ginjal, tukak lambung dan retensi cairan. NSAIDs harus digunakan dengan hati – hati untuk penderita yang mengalami penurunan fungsi ginjal ataupun tukak lambung.